"

Wednesday 11 May 2016

Membuat user berdiri sendiri pada server freenas

Sebenarnya ini sudah saya jelaskan di artikel saya sebelumnya, Ini maksudnya agar mempermudah kita membagi user group dan user pribadi saja. kita akan membuat user dengan nama sendiri, misalkan disini saya contohkan nama user yang akan saya buat adalah nama saya sendiri "andriansyah", user andriansyah ini akan mengakses ke semua folder sharing (full akses), atau sebagain, nanti kita share.

Caranya sebagai berikut :

Login pada freenas anda dengan WebGUI pada browser, dengan mengetik IP Address freenas server anda, misalnya 192.168.150.1, lalu masukan login name dan password anda

Login WebGUI



- Pilih menu "Account" dan pilih "user".

Account User


- klik "view users" maka bisa dilihat kolom disampingnya user-user yang sudah dibuat, untuk membuat user baru, klik "Add User"

Add User


Isikan kolom-kolomnya,
    - User ID Bebas saja
    - username "andriansyah"
    -  Create a new primary group for the user "Hilangkan Centang"
    - Primary Group "No Gorup (----)"
    - Full Name "andriansyah"
    - Password "berikan password untuk akses ke directory nantinya"

Add User
 

Pada tab paling bawah, klik "Advanced Mode" agar bisa menampilkan hak akses pada user tersebut.

Advanced Mode



- Auxiliary groups adalah untuk mengizinkan akses ke directory mana saja, misalkan kita akan akses kesemua folder atau sebagian,

Pada Advance mode nya, kita akan setting hak akses usernya sebagai berikut "
    - Home Directory Mode "            owner              Group                  Other
                                    Read          "Centang"       "Centang"               "Centang"
                                    Write          "Centang"    "NO CENTANG"     "NO  CENTANG"
                                Execute          "Centang"       "Centang"                "Centang"


 keterangan : itu berarti foldernya bisa dibaca oleh owner, group dan other,
                    bisa ditulis/diedit/hapus oleh owner, tetapi tidak oleh group dan other.
                    dan bisa di eksekusi oleh owner, group dan other.
                    (Hal ini bisa anda experimen sendiri proteksinya).

dan lakukan ini seterusnya sesuai banyaknya user yang akan dibuat.
Add User

Selesai,

- Mari kita coba akses folder freenas tersebut dengan user yang sudah kita buat tadi.

Buka "RUN" lalu ketikan IP Address Freenas anda, \\192.168.150.1

Run
- Setelah itu maka akan muncul hasil directory yang sudah kita sebelumnya, saya sudah jelaskan di artikel saya sebelumnya, bisa dibaca lagi jika ada yang masih belum tau.

Hasil Folder Sharing
- karena tadi saya sudah bikin user dengan nama "andriansyah", dan saya berikan akses full ke semua directory yang ada di freenas, maka sekarang kita bisa akses salah satu folder tersebut.
Double klik pada salah satu folder tersebut, maka akan muncul login name dan password untuk akses.
- masukkan uisername nya dengan nama "andriansyah"
dan masukkan passwordnya dengan password yang sudah kita buat tadi.












klik remember klo anda tidak mau login lagi di sesi selanjutnya, jadi bisa langsung buka folder tersebut tanpa password atau bahasanya tu "ingat saya".

Login User ke Directory

Selesai, maka anda sudah bisa masuk/akses ke directiry tersebut, dan kesemua directory.

dan untuk mapping folder agar tidak diakses dari RUN, bisa lihat di artikel saya sebelumnya. di Mengaktifkan SSH, Folder Sharing dan Mapping Folder (link).

Terima Kasih semoga membantu

No comments:

Post a Comment